kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 13:1-12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Nasihat dan doa selamat
13:1 Peliharalah kasih persaudaraan! 13:2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat. 13:3 Ingatlah akan orang-orang hukuman, karena kamu sendiri juga adalah orang-orang hukuman. Dan ingatlah akan orang-orang yang diperlakukan sewenang-wenang, karena kamu sendiri juga masih hidup di dunia ini. 13:4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah. 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." 13:6 Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?" 13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka. 13:8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. 13:9 Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu. 13:10 Kita mempunyai suatu mezbah dan orang-orang yang melayani kemah tidak boleh makan dari apa yang di dalamnya. 13:11 Karena tubuh binatang-binatang yang darahnya dibawa masuk ke tempat kudus oleh Imam Besar sebagai korban penghapus dosa, dibakar di luar perkemahan. 13:12 Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 13:1 - PELIHARALAH KASIH PERSAUDARAAN. Nas : Ibr 13:1 Di dalam gereja PB orang-orang percaya memandang dan menyapa satu sama lain sebagai saudara-saudara seiman di dalam Kristus (bd. 1Te...

Nas : Ibr 13:1

Di dalam gereja PB orang-orang percaya memandang dan menyapa satu sama lain sebagai saudara-saudara seiman di dalam Kristus (bd. 1Tes 4:9-10; 1Pet 1:22; 2Pet 1:7). Persaudaraan Kristen merupakan akibat dari hubungan bersama dengan Bapa dan Putra tunggal-Nya (Ibr 1:2). Pada waktu kita mengambil bagian dalam kasih karunia Kristus, kita semua menjadi anak-anak bersama Dia dan ahli waris bersama dari berkat-berkat Bapa (Ibr 1:2; Yoh 1:12-13; Rom 8:14-17; Ef 1:5-7). Sebagai akibat persaudaraan ini, kita diajarkan oleh Bapa untuk saling mengasihi (1Tes 4:9; 1Yoh 4:11;

lihat cat. --> Yoh 13:34;

lihat cat. --> Yoh 13:35).

[atau ref. Yoh 13:34-35]

Full Life: Ibr 13:4 - PENUH HORMAT TERHADAP PERKAWINAN. Nas : Ibr 13:4 Allah memiliki norma-norma yang tinggi bagi umat-Nya dalam pernikahan dan seksualitas. Pembahasan yang lebih terinci mengenai pokok ...

Nas : Ibr 13:4

Allah memiliki norma-norma yang tinggi bagi umat-Nya dalam pernikahan dan seksualitas. Pembahasan yang lebih terinci mengenai pokok ini terdapat dalam

lihat art. NORMA-NORMA MORALITAS SEKSUAL.

Full Life: Ibr 13:5 - JANGANLAH KAMU MENJADI HAMBA UANG. Nas : Ibr 13:5 Perhatikan bahwa nasihat ini muncul setelah peringatan mengenai kedursilaan (ayat Ibr 13:4). Keserakahan dan kedursilaan terkait san...

Nas : Ibr 13:5

Perhatikan bahwa nasihat ini muncul setelah peringatan mengenai kedursilaan (ayat Ibr 13:4). Keserakahan dan kedursilaan terkait sangat erat dalam PB (1Kor 5:11; 6:9-10; Ef 5:3; Kol 3:5). Terlalu sering cinta akan kelimpahan harta dan kemewahan serta keinginan yang tak henti-hentinya akan kekayaan membuka peluang untuk terjerumus dalam dosa-dosa seksual (lih. 1Tim 6:6-10).

Full Life: Ibr 13:6 - TUHAN ADALAH PENOLONGKU. Nas : Ibr 13:6 Meskipun milik kita di dunia ini sangat terbatas atau keadaan kita sangat berat, kita tidak perlu takut bahwa Allah akan meninggalka...

Nas : Ibr 13:6

Meskipun milik kita di dunia ini sangat terbatas atau keadaan kita sangat berat, kita tidak perlu takut bahwa Allah akan meninggalkan atau membiarkan kita

(lihat cat. --> Yos 1:5).

[atau ref. Yos 1:5]

Alkitab menyatakan bahwa Bapa di sorga memperdulikan kita. Jadi, bersama dengan penulis surat ini kita dapat menggemakan seruan pemazmur, "Tuhan adalah penolongku. Aku tidak akan takut." Hal ini dapat ditegaskan dengan keyakinan pada saat-saat kesesakan, pencobaan, atau kesulitan

(lihat cat. --> Mat 6:30).

lihat cat. --> Mat 6:33).

[atau ref. Mat 6:30,33]

Full Life: Ibr 13:8 - YESUS KRISTUS TETAP SAMA. Nas : Ibr 13:8 Kebenaran bahwa Yesus tidak berubah merupakan suatu jangkar yang kuat bagi iman kita. Ini berarti bahwa orang-orang percaya masa kin...

Nas : Ibr 13:8

Kebenaran bahwa Yesus tidak berubah merupakan suatu jangkar yang kuat bagi iman kita. Ini berarti bahwa orang-orang percaya masa kini tidak boleh puas apabila belum mengalami keselamatan, persekutuan dengan Allah, baptisan dalam Roh Kudus dan kuasa kerajaan yang sama yang dialami orang percaya PB dalam pelayanan mereka kepada Allah melalui Kristus Yesus

(lihat art. KERAJAAN ALLAH).

Full Life: Ibr 13:12 - MENGUDUSKAN UMAT-NYA. Nas : Ibr 13:12 Yesus menderita di luar pintu gerbang kota Yerusalem agar kita dapat dijadikan kudus, yaitu dipisahkan dari kehidupan berdosa yang ...

Nas : Ibr 13:12

Yesus menderita di luar pintu gerbang kota Yerusalem agar kita dapat dijadikan kudus, yaitu dipisahkan dari kehidupan berdosa yang lama dan dikhususkan untuk pelayanan Allah

(lihat art. PENGUDUSAN, dan

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Jerusalem: Ibr 13:1 - kasih persaudaraan Ialah kasih di antara orang-orang Kristen, Rom 12:10; 1Te 4:9; 1Pe 1:22; 2Pe 1:7; bdk 1Yo 3:14-18.

Ialah kasih di antara orang-orang Kristen, Rom 12:10; 1Te 4:9; 1Pe 1:22; 2Pe 1:7; bdk 1Yo 3:14-18.

Jerusalem: Ibr 13:7 - pemimpin-pemimpin kamu Ialah para pemimpin jemaat yang bertugas mewartakan firman Allah, Ibr 13:7, dan memimpin jemaat, Ibr 13:17.

Ialah para pemimpin jemaat yang bertugas mewartakan firman Allah, Ibr 13:7, dan memimpin jemaat, Ibr 13:17.

Jerusalem: Ibr 13:8 - -- Sehubungan dengan firman Allah yang disebut dalam Ibr 13:7, pengarang mengetengahkan keterangan ini. Ia menonjolkan pokok utama pewartaan para pemimpi...

Sehubungan dengan firman Allah yang disebut dalam Ibr 13:7, pengarang mengetengahkan keterangan ini. Ia menonjolkan pokok utama pewartaan para pemimpin jemaat. Kalaupun pemimpin-pemimpin lenyap atau diganti, Kristus tetap tinggal. Dan orang mesti melekat pada Dia. Ayat-ayat yang menyusul sekali lagi mengemukakan pokok-pokok yang dibicarakan dalam surat ini. Kehadiran Kristus yang hidup dan kemantapan kaum beriman yang penuh kepercayaan ditonjolkan.

Jerusalem: Ibr 13:10 - suatu mezbah Mezbah itu bukanlah meja santapan Ekaristi, melainkan salib; di sana Kristus dipersembahkan sebagai korban, Ibr 13:11-12, dengan perantaraanNya kita m...

Mezbah itu bukanlah meja santapan Ekaristi, melainkan salib; di sana Kristus dipersembahkan sebagai korban, Ibr 13:11-12, dengan perantaraanNya kita mempersembahkan doa kita kepada Allah. Orang-orang Yahudi yang "melayani kemah" (yakni para imam dan orang Lewi) tidak dapat mengambil bagian dalam "mezbah" Kristen itu.

Jerusalem: Ibr 13:12 - -- Pada hari raya Pendamaian Yahudi imam besar masuk ke dalam Tempat Mahakudus dan memercikinya dengan dara korban, Ibr 9:21; tetapi bangkai binatang kor...

Pada hari raya Pendamaian Yahudi imam besar masuk ke dalam Tempat Mahakudus dan memercikinya dengan dara korban, Ibr 9:21; tetapi bangkai binatang korban dibakar di luar perkemahan, Ima 16:27, Yesus sebagai korban penghapus dosa sudah melaksanakan pralambang itu oleh karena disalibkan di luar Yerusalem, Mat 27:32 dsj. Dari situ diambil kesimpulan praktis ini: orang Kristen pada gilirannya harus keluar dari perkemahan, artinya: memutuskan segala hubungan dengan agama Yahudi dan menganggap dirinya kaum buangan di dunia, Ibr 13:14.

Ende: Ibr 13:2 - Menumpangkan Malaekat-malaekat Lih. I Mos. (Kej 18:2) dan Kej 19:1-2; dan Tob 12.

Lih. I Mos. (Kej 18:2) dan Kej 19:1-2; dan Tob 12.

Ende: Ibr 13:8 - Kristus tetap jang sama Maksud disini adjaranNja djuga selalu jang sama, tidak boleh ditjampuri dengan adjaran-adjaran "asing".

Maksud disini adjaranNja djuga selalu jang sama, tidak boleh ditjampuri dengan adjaran-adjaran "asing".

Ende: Ibr 13:9 - Asing jang tidak termasuk adjaran Indjil dan tidak sesuai dengannja. Kata itu barangkali mengandung djuga tjorak: jang dibawa masuk dari luar.

jang tidak termasuk adjaran Indjil dan tidak sesuai dengannja. Kata itu barangkali mengandung djuga tjorak: jang dibawa masuk dari luar.

Ende: Ibr 13:9 - Djenis-djenis makanan Maksud seluruh kalimat agaknja: djangan mau mengharapkan keselamatan dari kurban-kurban Perdjandjian Lama lagi, dengan makan dari kurban-kurban itu. K...

Maksud seluruh kalimat agaknja: djangan mau mengharapkan keselamatan dari kurban-kurban Perdjandjian Lama lagi, dengan makan dari kurban-kurban itu. Kalau kita mengerti kalimat itu demikian, maka hubungan dari ajat jang berikut dengannja agak terang.

Ende: Ibr 13:10 - Altar Maksudnja: kurban jang dipersembahkan diatas altar. Ada jang mengartikan "altar" disini sebagai kurban Kristus disalib, atau berhubungan dengan itu: K...

Maksudnja: kurban jang dipersembahkan diatas altar. Ada jang mengartikan "altar" disini sebagai kurban Kristus disalib, atau berhubungan dengan itu: Kristus sendiri: Ada pula jang menafsirkannja sebagai landjutan dari kurban disalib, jang tetap dipersembahkan setjara rohani oleh Imam-Agung kita disurga, dan setjara sakramentil dalam Ekaristi jang Mahakudus.

Ende: Ibr 13:10 - Mereka jang melajani kemah Jang dimaksudkan disini ialah para imam Jahudi dan orang-orang suku-bangsa Levi, tetapi djuga seluruh umat Israel, jang masih berpegang pada tjara iba...

Jang dimaksudkan disini ialah para imam Jahudi dan orang-orang suku-bangsa Levi, tetapi djuga seluruh umat Israel, jang masih berpegang pada tjara ibadat Jahudi dan mengharapkan kerelaan Allah dari kurban-kurban jang masih dipersembahkan didalam "kemah", jaitu didalam kenisah di Jerusalem.

Ende: Ibr 13:11 - Perkemahan tempat (kampung) orang-orang Jahudi berkemah pada perdjalanan mereka dipadang gurun.

tempat (kampung) orang-orang Jahudi berkemah pada perdjalanan mereka dipadang gurun.

Ende: Ibr 13:12 - Diluar pintu gerbang diluar kota Jerusalem.

diluar kota Jerusalem.

Ref. Silang FULL: Ibr 13:1 - kasih persaudaraan · kasih persaudaraan: Rom 12:10; Rom 12:10

· kasih persaudaraan: Rom 12:10; [Lihat FULL. Rom 12:10]

Ref. Silang FULL: Ibr 13:2 - kepada orang // tidak diketahuinya · kepada orang: Ayub 31:32; Mat 25:35; Rom 12:13; Rom 12:13 · tidak diketahuinya: Kej 18:1-33; 19:1-3

· kepada orang: Ayub 31:32; Mat 25:35; Rom 12:13; [Lihat FULL. Rom 12:13]

· tidak diketahuinya: Kej 18:1-33; 19:1-3

Ref. Silang FULL: Ibr 13:3 - orang-orang hukuman · orang-orang hukuman: Mat 25:36; Kol 4:18; Ibr 10:34

· orang-orang hukuman: Mat 25:36; Kol 4:18; Ibr 10:34

Ref. Silang FULL: Ibr 13:4 - terhadap perkawinan // dan pezinah · terhadap perkawinan: Mal 2:15; 1Kor 7:38; 1Tim 4:3 · dan pezinah: Ul 22:22; 1Kor 6:9; Wahy 22:15

· terhadap perkawinan: Mal 2:15; 1Kor 7:38; 1Tim 4:3

· dan pezinah: Ul 22:22; 1Kor 6:9; Wahy 22:15

Ref. Silang FULL: Ibr 13:5 - hamba uang // ada padamu // meninggalkan engkau · hamba uang: 1Tim 3:3; 1Tim 3:3 · ada padamu: Fili 4:11; 1Tim 6:6,8 · meninggalkan engkau: Ul 31:6,8; Yos 1:5

· hamba uang: 1Tim 3:3; [Lihat FULL. 1Tim 3:3]

· ada padamu: Fili 4:11; 1Tim 6:6,8

· meninggalkan engkau: Ul 31:6,8; Yos 1:5

Ref. Silang FULL: Ibr 13:6 - terhadap aku · terhadap aku: Mazm 118:6,7

· terhadap aku: Mazm 118:6,7

Ref. Silang FULL: Ibr 13:7 - akan pemimpin-pemimpin // firman Allah // dan contohlah · akan pemimpin-pemimpin: Ibr 13:17,24; 1Kor 16:16 · firman Allah: Ibr 4:12; Ibr 4:12 · dan contohlah: Ibr 6:12

· akan pemimpin-pemimpin: Ibr 13:17,24; 1Kor 16:16

· firman Allah: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

· dan contohlah: Ibr 6:12

Ref. Silang FULL: Ibr 13:8 - sampai selama-lamanya · sampai selama-lamanya: Mazm 102:28; Ibr 1:12

· sampai selama-lamanya: Mazm 102:28; Ibr 1:12

Ref. Silang FULL: Ibr 13:9 - berbagai-bagai ajaran // kamu diperkuat // pelbagai makanan // macam itu · berbagai-bagai ajaran: Ef 4:14 · kamu diperkuat: Kol 2:7 · pelbagai makanan: Kol 2:16 · macam itu: Ibr 9:10

· berbagai-bagai ajaran: Ef 4:14

· kamu diperkuat: Kol 2:7

· pelbagai makanan: Kol 2:16

· macam itu: Ibr 9:10

Ref. Silang FULL: Ibr 13:10 - melayani kemah // boleh makan · melayani kemah: Ibr 8:5 · boleh makan: 1Kor 9:13; 10:18

· melayani kemah: Ibr 8:5

· boleh makan: 1Kor 9:13; 10:18

Ref. Silang FULL: Ibr 13:11 - penghapus dosa // luar perkemahan · penghapus dosa: Im 16:15 · luar perkemahan: Kel 29:14; Im 4:12,21; 9:11; 16:27

· penghapus dosa: Im 16:15

· luar perkemahan: Kel 29:14; Im 4:12,21; 9:11; 16:27

Ref. Silang FULL: Ibr 13:12 - pintu gerbang // untuk menguduskan // dengan darah-Nya · pintu gerbang: Yoh 19:17 · untuk menguduskan: Ef 5:26; Ef 5:26 · dengan darah-Nya: Rom 3:25; Rom 3:25

· pintu gerbang: Yoh 19:17

· untuk menguduskan: Ef 5:26; [Lihat FULL. Ef 5:26]

· dengan darah-Nya: Rom 3:25; [Lihat FULL. Rom 3:25]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 13:1-6 - -- A. Perintah Umum (13:1-6) Di dalam bagian ini kita diperintahkan supaya baik terhadap: saudara-saudara seiman (13:1), orang yang tidak kita kenal (13...

A. Perintah Umum (13:1-6)

Di dalam bagian ini kita diperintahkan supaya baik terhadap: saudara-saudara seiman (13:1), orang yang tidak kita kenal (13:2), tawanan dan "orang yang diperlakukan sewenang-wenang" (13:3).

Dalam pasal 13:4 pentingnya kesucian perkawinan dikemukakan, dan dalam pasal 13:5-6 hal ketamakan dikemukakan. Kalau kita punya Tuhan Yesus kita tidak perlu repot dengan kekayaan.

Hagelberg: Ibr 13:7-17 - -- B. Perintah yang berkaitan dengan Kehidupan Beragama (13:7-17) Dalam bagian ini para pembaca pertama disuruh setia pada iman yang dipegang oleh pemim...

B. Perintah yang berkaitan dengan Kehidupan Beragama (13:7-17)

Dalam bagian ini para pembaca pertama disuruh setia pada iman yang dipegang oleh pemimpin-pemimpin mereka.

Bagian ini dimulai dan ditutup dengan perintah yang berkaitan dengan "pemimpin-pemimpin" mereka. "Akhir hidup mereka" mungkin menunjukkan kepada upah yang mereka peroleh karena mereka setia. "Contohlah iman mereka" mirip sekali dengan apa yang dikatakan di dalam 6:12, "menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah."

Kalau para pembaca mau berpikir, "Ya, dulu kami bisa setia, dulu waktu kami masih punya pemimpin-pemimpin yang hebat, tetapi sekarang sudah tidak sama, situasi kami karena mereka sudah meninggal dan ini dan itu..." mereka harus ingat bahwa "Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin" (dulu waktu mereka setia, seperti diceritakan dalam pasal 6:10-11 dan pasal 10:32-34) "maupun hari ini" (di mana mereka perlu ketekunan) "dan sampai selama-lamanya" (di mana mereka boleh menikmati penggenapan janji-janjiNya).

Mengenai pasal 13:9, kalau Dia tidak berubah, maka "berbagai-bagai ajaran asing" tidak usah diperhatikan. Mungkin ajaran-ajaran asing itu mau menarik pengikut dengan peraturan makanan yang seolah-olah lebih suci. Atau ajaran itu seolah-olah membawa pengorbanan dan mezbah yang istimewa. Tetapi jelas "kita mempunyai suatu mezbah" (ini suatu kiasan untuk pengorbanan Kristus) dan iman-iman dari peraturan Lewi tidak boleh makan dari mezbah itu. Kita disucikan, dan kita memperoleh kasih karunia, dari mezbah itu, di mana Yesus telah dikorbankan, sehingga kita tidak usah repot dengan "pelbagai makanan." (Zaman itu sarjana-sarjana dari bangsa Yahudi menulis dan menyusun Mishna, yaitu kumpulan tradisi-tradisi mereka, yang banyak memperhatikan pelbagai makanan.)

Mungkin para pembaca pertama tertarik pada guru-guru ajaran sesat yang menganggap diri mereka sebagai imam-imam baru, dan kelompok mereka sebagai umat Israel yang sejati (seperti di Qumran, dekat Laut Mati). Kalau begitu, pasal 13:11-14 sangat tepat. Kita harus keluar dari "perkemahan," dan jangan ikut menikmati persekutuan orang yang sudah menolak Juruselamat kita, yang sudah "menderita di luar pintu gerbang," yaitu di luar lingkungan agama Yahudi. "Marilah kita pergi kepadaNya di luar perkemahan dan menanggung kehinaanNya." Kita sudah disuruh mendekati Dia, bersekutu dengan Dia, tetapi di sini sulitnya mendekati Dia lebih jelas. Tidak ada persekutuan dengan Yesus kecuali orang berani menanggung risiko, dan "pergi kepadaNya di luar perkemahan," yaitu di luar persekutuan mereka yang menolak Dia. Pengharapan kita untuk "kota yang akan datang," pahala kita, memungkinkan kita untuk pergi meninggalkan persekutuan rohani dari mereka yang menolak Tuhan Yesus.

Dalam pelayanan si penulis, dan dalam pelayanan kita, yang membawa kuasa yang dapat mengubahkan orang adalah kasih karunia, dan bukan "aturan-aturan makanan."

Pasal 13:15-17 menceritakan sedikit mengenai cara hidup orang yang mendekati Dia. "Senantiasa mempersembahkan korban syukur, berbuat baik," dan "mentaati pemimpin-pemimpin" jelas sesuai dengan cara hidup yang selalu mendekati Dia.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 13:1-17 - Berbagai-bagai Kewajiban Rasul Paulus telah banyak membahas tentang Kristus, tentang iman, tentang anugerah yang diberikan secara cuma-cuma, tentang hak-hak istimewa Injil...

SH: Ibr 13:1-6 - Hidup yang mulia (Kamis, 11 Mei 2000) Hidup yang mulia Penulis Ibrani mengakhiri suratnya dengan nasihat-nasihat yang berisi dorongan-dorongan agar pembaca surat Ibrani mempunyai ...

SH: Ibr 13:1-6 - Iman dalam praktik (Jumat, 18 November 2005) Iman dalam praktik Wujud iman tidak hanya tampak dari keyakinan orang Kristen untuk tidak menyangkal Kristus dan ketekunannya mengikut Dia, te...

SH: Ibr 13:1-8 - Uang, Uang, Uang! (Selasa, 5 September 2017) Uang, Uang, Uang! Apa motivasi utama seseorang ingin bekerja di luar negeri?" begitulah pertanyaan rutin yang sering kali saya lontarkan di kelas per...

SH: Ibr 13:1-25 - Mendemonstrasikan Iman (Selasa, 11 Juli 2023) Mendemonstrasikan Iman Kerap kali orang menolak kekristenan bukan karena ajarannya salah, tetapi karena pesannya tidak relevan. Mereka tidak bisa men...

SH: Ibr 13:7-19 - Kristen dan para pemimpinnya (Jumat, 12 Mei 2000) Kristen dan para pemimpinnya Ingatlah pemimpinmu yang telah berhasil di dalam hidup, pelayanan, dan mengakhiri 'perlombaan iman' dengan baik. ...

SH: Ibr 13:7-17 - Umat yang belajar (Sabtu, 19 November 2005) Umat yang belajar Selain mendorong para pembaca kitab Ibrani untuk menerima ajaran yang benar, yang telah dipaparkan di tulisannya ini, penuli...

SH: Ibr 13:9-16 - Kurban Penghapus Dosa (Rabu, 6 September 2017) Kurban Penghapus Dosa "Ku masuk ruang mahakudus, dengan darah anak domba. Ku masuk dengan hati tulus, menyembah yang mahakuasa." Inilah sepenggal cup...

Utley: Ibr 13:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 13:1-61 Peliharalah kasih persaudaraan! 2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian be...

Utley: Ibr 13:7-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 13:7-167 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mer...

Topik Teologia: Ibr 13:1 - -- Gereja Orang Kristen Berusaha Saling Mendukung dalam Kasih Rom 15:1-2,7 2Ko 2:5-8 Gal 5:13-14 Gal 6:1-2,4,10 2Ti 2:24-26 Ibr 3:...

Topik Teologia: Ibr 13:2 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Natur dari Para Malaikat Baik Status Para Malaikat Baik Para Malaikat da...

Topik Teologia: Ibr 13:3 - -- Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gereja Gereja Menghubungkan Teologi dengan Kehidupan Orang Kristen Berusaha Saling ...

Topik Teologia: Ibr 13:5 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Be...

Topik Teologia: Ibr 13:6 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Pertolongan Ula 3...

Topik Teologia: Ibr 13:7 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Perkataan (Firman) Allah ...

Topik Teologia: Ibr 13:8 - -- Yesus Kristus Ketidakberubahan Ibr 11:1,12 Ibr 13:8 Yesus Kristus Mar 1:1 Yoh 1:17 Yoh 17:3 Kis 4:10 Kis 16:18 1Ko ...

Topik Teologia: Ibr 13:11 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus Je...

Topik Teologia: Ibr 13:12 - -- Yesus Kristus Penghapus Dosa Ima 4:2-3,12 Ibr 13:11-12 Yesus Menyucikan Orang-orang Percaya ...

TFTWMS: Ibr 13:1-3 - Peliharalah Kasih Persaudaraan "Peliharalah Kasih Persaudaraan" (Ibrani 13:1-3) Di dalam Perjanjian Baru kitab Ibrani adalah unik sebab mengandung kombinasi risalah, homi...

TFTWMS: Ibr 13:4 - Perkawinan Yang Allah Tetapka Perkawinan Yang Allah Tetapka (Ibrani 13:4) Penulis kitab Ibrani melihat dengan jelas bahwa kerusakan apa saja pada keluarga akan mempengaruhi semua ...

TFTWMS: Ibr 13:5-6 - Percaya Penuh Keyakina Percaya Penuh Keyakina (Ibrani 13:5, 6) Dalam 13:1-4, kita telah melihat empat indikator kehidupan sejati orang Kristen. Indikator yang kelima, diber...

TFTWMS: Ibr 13:7 - Kamu Dan Para Pemimpin Kamu "Kamu Dan Para Pemimpin Kamu" (Ibrani 13:7) Ciri-ciri sifat keenam dan terakhir yang orang Kristen harus miliki diberikan dalam ayat 7. Pen...

TFTWMS: Ibr 13:8-16 - Jaminan Dalam Dunia Yang Berubah Jaminan Dalam Dunia Yang Berubah (Ibrani 13:8-16) Ciri-ciri sifat keenam dan terakhir yang orang Kristen harus miliki diberikan dalam ayat 7. Penulis...

TFTWMS: Ibr 13:8 - Juruselamat Yang Tetap Sama JURUSELAMAT YANG TETAP SAMA (Ibrani 13:8) 8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. Mungkin, ayat yang pal...

TFTWMS: Ibr 13:9 - Injil Yang Tidak Berubah INJIL YANG TIDAK BERUBAH (Ibrani 13:9) 9 Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat...

TFTWMS: Ibr 13:10-13 - Mezbah Yang Kekal MEZBAH YANG KEKAL (Ibrani 13:10-13) 10 Kita mempunyai suatu mezbah dan orang-orang yang melayani kemah tidak boleh makan dari apa yang di dalamnya. 1...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal Penulisan: 67-69 M (tidak dapat dipastikan) Latar Belakang...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang Yahudi (Ibr 1:1-10:18) ...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, I. Otoritas ilahi dari surat ini, sebab ada beberapa orang yang memper...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kepada orang-orang Ibrani" sudah terdapat pada n...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada yang tersebar di mana-mana pada zaman Perjanjian Baru. M...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (1:1-4) II. Bagian Pertama: Anak Allah adalah Raja dari Allah (1:5-4:16) A. Raja/An...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle to the Hebrews," Dallas Theological Seminary, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) MEMPRAKTIKKAN KASIH UNTUK SAUDARA DAN SAUDARI KITA(IBRANI 13:1-3) "Siapakah saudaraku?" bukanlah pertanyaan yang tak bermoral, ilegal, atau...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Peliharalah kasih persaudaraan! 2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang de...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Garis Besar Kitab Ibrani Merinci 12:1-13:25 I. Kristus Dan Karya-Nya (1:1-10:18) A. Kristus, Sang Anak (1:1-4:13) B. Imamat Besar Kristus (...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PERKAWINAN DITETAPKAN OLEH ALLAH(IBRANI 13:4) Allah sendiri yang menetapkan perkawinan (Kejadian 2:20-24). Satu-satunya hal yang diciptakan tetapi di...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 F. F. Bruce, The Epistle to the Hebrews, The New International Commentary on the New Testament (Grand Rapids, Mich.: Wm. B. Eerdma...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANA MERASA CUKUP(IBRANI 13:5, 6) Pelbagai ajaran tentang kenajisan moral (ay. 4) dan ketamakan (ay. 5) secara alami tampaknya jalan seiring. Ap...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 F. F. Bruce, The Epistle to the Hebrews, The New International Commentary on the New Testament (Grand Rapids, Mich.: Wm. B. Eerdma...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PEKERJAAN BERLANJUT(IBRANI 13:7) Gereja akan selalu butuh kaum pria yang baik, rendah hati yang mau melayani dan memimpin. Sebuah plakat peringatan d...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Yohanes sudah meninggalkan Yudea pada waktu kitab Ibrani ditulis. Nasibnya mungkin tidak diketahui oleh para pembaca meski ia masi...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) "YESUS KRISTUS TETAP SAMA, BAIK KEMARIN MAUPUN HARI INI DAN SAMPAI SELAMA-LAMANYA" (Ibrani 13: 8) "Yesus Kristus tetap sama, baik kema...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kalimat ini berasal dari Edward Fudge, Our Man in Heaven: An Exposition of the Epistle to the Hebrews (Athens, Ala.: C. E. I. Publ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PERSEKUTUAN (Ibrani 13:9) Petrus makan bersama orang-orang non-Yahudi sampai beberapa penganut Yudaisme datang dari Yerusalem, dan ia kemudian undur ...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, yang karena terus-menerus mengalami tek

SURAT KEPADA ORANG IBRANI

PENGANTAR

Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, yang karena terus-menerus mengalami tekanan, mungkin akan murtad dari kepercayaan mereka kepada Kristus. Penulis surat ini berusaha mendorong mereka supaya tetap percaya. Untuk itu ia menunjukkan bahwa Yesus Kristus adalah pernyataan Allah yang sempurna. Tiga perkara dikemukakan oleh penulis surat ini. Pertama, Yesus adalah Anak Allah -- Anak yang kekal. Anak Allah itu menunjukkan ketaatan-Nya kepada Bapa melalui ketabahan-Nya untuk menderita. Sebagai Anak Allah, Yesus lebih tinggi dari nabi-nabi dalam Perjanjian Lama. Ia pun lebih tinggi dari malaikat atau Musa sendiri. Kedua, Allah telah menyatakan Yesus sebagai imam abadi yang lebih tinggi daripada imam-imam dalam Perjanjian Lama. Ketiga, dengan perantaraan Yesus, orang yang percaya kepada-Nya dibebaskan dari dosa dan dari ketakutan dan kematian. Sebagai Imam Agung, Yesus memberikan kepada manusia keselamatan sejati yang tidak dapat diberikan oleh upacara- upacara persembahan kurban dan upacara-upacara lainnya di dalam agama Yahudi. Upacara-upacara itu hanya dapat memberikan gambaran dari keselamatan sejati itu saja, lain tidak.

Dengan mengemukakan contoh-contoh iman dari tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah Israel (pasal 11 Ibr 11:1-40), penulis surat ini menganjurkan para pembacanya supaya tetap setia. Di dalam pasal 12 (Ibr 12:1-29) ia mendorong mereka supaya terus setia sampai akhir, dengan hanya melihat pada Yesus. Ia mendorong mereka juga supaya tabah menderita dan tabah menanggung tekanan-tekanan dan penganiayaan terhadap diri mereka. Surat ini diakhiri dengan nasihat dan peringatan.

Isi

  1.  Pendahuluan: Kristus adalah pernyataan Allah yang sempurna
    Ibr 1:1-3
  2.  Kristus lebih tinggi dari malaikat
    Ibr 1:4-2:18
  3.  Kristus lebih tinggi dari Musa dan Yosua
    Ibr 3:1-4:13
  4.  Keistimewaan pekerjaan Kristus sebagai imam
    Ibr 4:14-7:28
  5.  Keistimewaan perjanjian Kristus
    Ibr 8:1-9:28
  6.  Keistimewaan kurban Kristus
    Ibr 10:1-39
  7.  Pentingnya iman
    Ibr 11:1-12:29
  8.  Nasihat dan penutup
    Ibr 13:1-25

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendahuluan Pen

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Penulis : Hanya Tuhan yang tahu (kemungkinan Rasul Paulus).

Tahun : Sekitar tahun 64-68 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang percaya yang berlatar belakang Yahudi. Mereka sedang mengalami penganiayaan dan ejekan karena iman Kristen. (Dan juga kepada semua jemaat Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab Ibrani terbagi atas 13 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat ajaran penguatan iman Kristen bagi orang-orang yang sudah mulai mundur dari imannya, yang disebabkan oleh penganiayaan dari orang-orang yang bukan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ibrani

  1. Pasal 1-6 (Ibr 1:1-6:12).

    Pengajaran tentang Yesus yang memiliki kedudukan tertinggi

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa semua yang mau kita ketahui tentang Allah dapat diketahui melalui Tuhan Yesus, karena Ia adalah Cahaya Kemuliaan Allah, Penyuci dosa. Ia adalah Pencipta, dan juga lebih tinggi dari para malaikat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ibr 1:2-4. Kalau Yesus lebih tinggi dari pada para malaikat dan Ia adalah Pencipta, penyuci dosa, maka hendaknya setiap orang Kristen berhati- hati dalam kehidupannya sehari-hari, karena Ia sudah mengambil keputusan untuk menerima Penebusnya.
    2. Bacalah pasal Ibr 5:11-14; 6:4-6. Berikanlah pendapat saudara mengenai bagian ini.
  2. Pasal 6-10 (Ibr 6:13-10:18).

    Pengajaran tentang Yesus sebagai imam besar yang paling berkuasa

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa Yesus adalah Jalan ke tempat kudus, karena Ia telah membebaskan orang percaya dari Iblis dan maut serta ketakutan dari hukuman dosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ibr 7:25-27. _Tanyakan_: Apakah yang sanggup dilakukan oleh Yesus dalam hidup saudara? Adakah imam yang memenuhi syarat dalam ayat 26; Ibr 7:26, selain Tuhan Yesus? Apakah yang membedakan Tuhan Yesus dari imam-imam yang lain? Siapakah imam saudara untuk dapat datang kepada Allah?
    2. Bacalah pasal Ibr 10:3-4,11-18. _Tanyakan_: Apakah darah hewan (domba) dapat menebus dosa manusia? Domba apakah yang menjadi korban orang Kristen? Apakah persembahan korban yang dilakukan oleh imam-imam dunia dapat menghapuskan dosa? Apakah yang dilakukan oleh Tuhan Yesus bagi orang Kristen (manusia)? (lihat ayat 12-18; Ibr 10:12-18)
  3. Pasal 10-13 (Ibr 10:19-13:25).

    Pengajaran yang berupa nasehat bagi orang-orang Kristen

    1. Peringatan untuk mengingat masa yang lalu.

      Pendalaman

      Bacalah pasal Ibr 10:13-39. Karena itu tetaplah setia, maka kita akan memperoleh hidup yang kekal.

    2. Peringatan untuk mengingat Bapa-bapa beriman pada jaman dahulu.

      Pendalaman

      Bacalah pasal 11; Ibr 11:1-40. Dengan mengingat Bapa-bapa beriman, diharapkan agar setiap orang Kristen dikuatkan, karena hal itu membuktikan bahwa apa yang dijanjikan Allah adalah benar.

    3. Peringatan untuk mengingat pengharapan iman.

      Pendalaman

      Bacalah pasal Ibr 12:28; 13:5. Karena ada janji yang pasti dari Allah akan jaminan masa yang akan datang dan sekarang, maka hendaknya sebagai orang-orang yang sudah ditebus dari dosa, kita jangan mundur.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Ibrani?
  2. Apakah pusat pengajaran Kitab Ibrani?
  3. Apakah yang dimaksudkan dengan iman?
  4. Apakah kelebihan Tuhan Yesus dari manusia lain?

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibrani. Meskipun surat ini diak

Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik

SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?
Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibrani. Meskipun surat ini diakhiri dengan salam hangat, tetapi tidak terdapat alamat pada awal tulisan! Secara umum orang berpendapat bahwa Paulus yang menulis surat ini, tetapi Ibrani 2:3 mengatakan bahwa penulis mendengar Injil dari orang lain yang mendengar sendiri ajaran Yesus. Paulus menyatakan dengan tegas bahwa ia tidak pernah mendengar Injil dari orang lain (Gal 1:12). Penulisnya boleh jadi orang Lewi yang bernama Barnabas (Kis 4:36) yang mengetahui seluk beluk para imam dan pekerjaan mereka. Lukas merupakan kemungkinan ketiga; gaya penulisan Ibrani mirip dengan gaya penulisan Injil Lukas dan Kisah para Rasul. Yang keempat, Apolos mengenal Timotius dengan baik (13:23). Pula, Kisah 18:24 menyatakan bahwa Apolos adalah 'seorang yang mahir dalam soal-soal Kitab Suci'. Siapa pun penulis Ibrani, ia pasti seorang yang mahir dalam soal-soal Kitab Suci! Dan masih ada banyak pendapat lain. Pada akhirnya kita harus mengatakan bahwa tidak seorang pun mengetahui siapa penulis surat ini!

SIAPA PENERIMA SURAT INI?
Karena tidak ada alamat pada surat ini, maka kita tidak tahu siapa penerimanya. Penulis menyatakan suratnya sebagai 'nasihat' (13:22). Tetapi, siapa yang ia nasihati? Mereka adalah orang-orang yang telah dianiaya (Ibr 10:32-34 ). Penulis mengenal mereka secara pribadi dan berharap untuk segera mengunjungi mereka (13:19 dan 23). Mereka mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin, tetapi tidak mengalami kemajuan (5:12). Mereka adalah orang-orang berbahasa Yunani; surat ini ditulis mungkin dalam bahasa Yunani terbaik dari seluruh Perjanjian Baru. Oleh karena itu, hampir dapat dipastikan mereka bukanlah orang Yahudi yang tinggal di Yudea. Tetapi, sama pasti pula mereka adalah orang Yahudi. Orang bukan Yahudi tidak mungkin dapat mengerti hukum Yahudi secara rinci. Mereka mungkin hidup di Roma. Hal ini dapat menjelaskan salam yang terdapat dalam 13:24 dari orang Kristen Italia.

MENGAPA SURAT IBRANI DITULIS?
Ada dua kemungkinan. Jika kelompok penerima surat ini adalah Kristen, surat ini merupakan peringatan bagi mereka tentang bahaya kemurtadan, meninggalkan Kristus. Tetapi, mungkin kelompok ini adalah orang Yahudi yang masih belum dapat memutuskan, merasa ragu-ragu antara keputusan mengikuti Kristus atau kembali kepada cara-cara ibadat mereka yang lama.

WAKTU PENULISAN.
Clemen dari Roma mengetahui surat ini, maka surat ini pasti ditulis sebelum tahun 95 M. Dan karena Ibr 10:1-3 menyatakan bahwa korban masih dipersembahkan, maka mungkin surat ini ditulis sebelum tahun 70 M, ketika Bait Suci dihancurkan. Jika penganiayaan yang disebut dalam pasal 10 dilakukan oleh Nero, maka surat ini ditulis sesudah kebakaran di Roma, yaitu tahun 64 M.

Pesan

1. Nasihat.
Ibrani merupakan suatu imbauan yang mengingatkan bahwa kita harus maju terus, bertumbuh dan menjadi dewasa. Kristen selalu tergoda untuk bertahan dalam suatu titik, untuk memperkuat diri dan tidak berani menanggung risiko untuk lebih maju dalam kehidupan iman.

2. Peringatan.
Nasihat untuk maju terus selalu diikuti dengan suatu peringatan akan adanya akibat yang serius apabila tetap berdiam diri atau mundur. Khususnya perhatikan lima pasal yang berisi peringatan:

o Tidak bisa luput! Ibr 2:1-4
o Berpegang teguh! Ibr 3:7-19
o Tidak ada mundur! Ibr 6:1-20
o Tidak ada korban lain! Ibr 10:19-39
o Tidak bisa luput! Ibr 12:25-29

3. Perbandingan.
Penulis ingin sekali menunjukkan kepada kita nilai Perjanjian Lama untuk dapat memahami Perjanjian Baru. Dewasa ini banyak orang Kristen yang mengabaikan Perjanjian Lama. Ibrani menunjukkan kepada kita kesinambungan dan perbedaan antara kedua perjanjian tersebut.

4. Sebuah kemah dan bukan Bait Allah.
Walaupun Bait Suci di Yerusalem hampir dapat dipastikan masih berdiri, penulis di sini memakai istilah kemah, seperti digambarkan dalam Keluaran 25:1-27:21, sebagai gambaran penyembahan yang murni yang darinya dapat dipakai untuk memberikan gambaran penyembahan Kristen. Kemah sangat cocok untuk mereka yang berpindah-pindah, Bait Allah cocok untuk orang yang menetap. Ibrani menantang pola kehidupan kita yang menetap dan nyaman dengan corak kehidupan musafir sebagai gantinya (Ibr 11:16).

Penerapan

Ibrani memunculkan pertanyaan tentang jaminan keselamatan Kristen. Dapatkah Kristen diselamatkan hari ini dan terhilang di kemudian hari? Ayat-ayat seperti Yohanes 10:29 tampaknya mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin. Namun demikian, kita sering menemukan orang-orang yang dahulu tampaknya Kristen, tetapi sekarang menyangkal Kristus. Pasal-pasal peringatan dalam Ibrani seolah-olah menyarankan bahwa orang Kristen masih tetap bebas untuk kembali kepada cara hidup mereka yang lama: "Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula" (Ibr 3:14). "Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya... tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat..." (Ibr 6:4-6). "Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu, tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman" (Ibr 10:26-27). Jika surat ini dikirim kepada orang Yahudi yang telah menggabungkan diri dengan gereja Kristen, tetapi tidak mau menyerahkan diri mereka kepada Kristus, maka pengajarannya jelas: terus atau tinggalkan! Tetapi, jika surat ini ditulis kepada orang Kristen, surat ini tampaknya menegaskan bahwa sekalipun telah menjadi Kristen kita tetap diberi kesempatan untuk memilih keluar lagi. Yang terakhir ini sukar diterima sebagai ajaran Ibrani, sebab bertentangan dengan kata-kata Yesus sendiri (seperti dalam Yoh 10:29), berlawanan dengan berbagai analogi keselamatan (dapatkah seorang Kristen dibatalkan kelahiran kembalinya?) dan menentang kuasa Tuhan yang mampu menjaga keselamatan domba-domba-Nya.

Oleh karenanya, ajaran Ibrani adalah:

o Tidak ada kekristenan yang setengah-setengah. Terus atau keluar!
o Iman selalu menjadi kunci dari kehidupan yang dituntut oleh Allah.
Bagaimanapun juga, iman bukanlah semata-mata percaya tentang sesuatu, tetapi
merupakan perbuatan ketaatan.
o Perjanjian Lama dapat secara sah digunakan untuk menjelaskan ajaran

Perjanjian Baru. Seluruh isi Alkitab adalah firman Allah.

Tema-tema Kunci

1. Keunggulan Kristus.
Ini adalah topik yang sangat jelas dalam bagian pertama surat Ibrani (1-10). Bacalah seluruh pasal ini dan tulislah semua haI yang menyebutkan Kristus adalah yang "tertinggi". Mulai dari Ibr 1:4 Yesus mempunyai nama yang jauh lebih indah. Apa artinya? Telusurilah makna dari "keunggulan" Kristus.

2. Melkisedek.
Melkisedek hanya disebut dalam Ibrani 5-7 dalam Perjanjian Baru, dan dalam Kejadian 14 serta Mazmur 110 dalam Perjanjian Lama. Pelajarilah pasal-pasal ini. Pakailah kamus Alkitab untuk dapat mengetahui lebih banyak tentang dia dan arti namanya. Siapakah dia? Apa yang dilakukannya? Dan, apa kepentingan Melkisedek dalam argumentasi yang dikembangkan oleh penulis bagi surat Ibrani?

3. Perjanjian Lama.
Tulislah semua kutipan langsung dari Perjanjian Lama yang Anda temui dalam Ibrani. Catat juga acuan yang tidak langsung ke Perjanjian Lama. Amatilah prinsip-prinsip yang tampaknya dipelajari dengan menggunakan Perjanjian Lama. Bagaimana hal ini menunjukkan kepada kita tentang pendekatan terhadap Perjanjian Lama?

4. Iman
Bacalah seluruh Ibrani 11. Tulislah semua perbuatan yang telah dilakukan oleh berbagai orang tersebut. Bagaimana penekanan tentang 'iman yang bekerja' sehubungan dengan definisi tentang iman dalam ayat 1? Pelajarilah ayat-ayat 32-38 tentang iman. Apa yang dilakukan oleh para pelaku iman yang namanya disebutkan dalam pasal ini? Berapa banyak perbuatan dan pengalaman yang disebut di sana yang dapat Anda hubungkan dengan peristiwa atau orang-orang yang disebut dalam Alkitab?

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18 Ibr 1:1-14Suatu perbedaan Ibr 2:1-4Suatu peringatan Ibr 2:5-18Kerendahan hati

[1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18

Ibr 1:1-14Suatu perbedaan
Ibr 2:1-4Suatu peringatan
Ibr 2:5-18Kerendahan hati Putra Allah

[2] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA MUSA Ibr 3:1-19

Ibr 3:1-6Putra Allah dan hamba
Ibr 3:7-19Peringatan

[3] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA YOSUA Ibr 4:1-13

[4] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA IMAM BESAR Ibr 4:14-10:39

Ibr 4:14-5:14Lebih tinggi daripada Harun
Ibr 6:1-20Peringatan dan imbauan

Lebih tinggi daripada Melkisedek:

Ibr 7:1-10Kebesaran Melkisedek
Ibr 7:11-19Keimaman yang baru
Ibr 7:20-25Keimaman yang tetap
Ibr 7:26-28Putra Allah yang sempurna
Ibr 8:1-13Perjanjian yang unggul

Pengorbanan yang terbaik:

Ibr 9:1-10Keterbatasan yang lama
Ibr 9:11-28Kesempurnaan yang baru
Ibr 10:1-18Tubuh Kristus
Ibr 10:19-39Imbauan dan peringatan

[5] KEHIDUPAN IMAN Ibr 11:1-13:17

Ibr 11:1-3Definisi iman
Ibr 11:4-22Dari Habel sampai Keluaran
Ibr 11:23-31Dari Mesir sampai Kanaan
Ibr 11:32-38Hakim-hakim, raja-raja dan nabi-nabi
Ibr 11:39-40Hari depan yang lebih baik
Ibr 12:1-2Contoh: lihat pada Yesus
Ibr 12:3-11Hidup sebagai keluarga Allah
Ibr 12:25-29Peringatan
Ibr 12:12-24Kekudusan: bukan suatu pilihan tambahan
Ibr 13:1-6Kekudusan dalam praktek
Ibr 13:7-17Kepemimpinan dan kemuridan

[6] KESIMPULAN Ibr 13:18-25

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.86 detik
dipersembahkan oleh YLSA